KOMPETENSI LULUSAN

Lulusan program studi Magister Psikologi Terapan dengan peminatan Perubahan dan Pengembangan Organisasi ini diharapkan memiliki standar kualifikasi yang mencakup sikap, pengetahuan dan keterampilan yang terangkum dalam lima kompetensi sebagai berikut:

  1. Kompetensi Personal (Personal Competence), yaitu kapasitas menyadari dan mengelola diri sehingga dapat menjadikan diri sebagai praktisi sekaligus model perubahan. Kapasitas ini diperlukan agar praktisi perubahan menyadari dampak kehadiran dirinya dalam proses pengembangan organisasi.
  2. Kompetensi Interpersonal (Interpersonal Competence), yaitu kapasitas memahami orang lain dan mengelola relasi interpersonal dengan orang yang terlibat dalam proses pengembangan organisasi. Kapasitas ini terutama diperlukan praktisi perubahan dalam mengembangkan kapasitas personal baik melalui aktivitas coaching, mentoring maupun fasilitasi proses kelompok.
  3. Kompetensi Organisasi (Organizational Competence), yaitu kapasitas memahami organisasi sebagai sebuah sistem yang mempunyai seperangkat nilai, keunikan, dan norma tersendiri. Kapasitas ini diperlukan agar praktisi perubahan menyadari setiap tindakan pengembangan organisasi berada dalam sebuah konteks sosial tertentu. Sekaligus menyadari dampak dari setiap tindakan terhadap organisasi secara menyeluruh.
  4. Kompetensi Analitis (Analytical Competence), yaitu kapabilitas untuk mengumpulkan, mengorganisasikan, menginterpretasikan dan menggunakan informasi yang relevan dari setting sosial dan organisasi. Sebagai praktisi perubahan, penting mendapatkan data yang tepat agar bisa mengelola pengembangan organisasi secara efektif.
  5. Kompetensi Bertindak (Action Competence), yaitu kapasitas menentukan tindakan yang tepat dalam kerangka pengembangan organisasi untuk menciptakan nilai tambah bagi organisasi dan komunitas disekitar. Bertindak yang tepat membutuhkan sebuah sasaran yang sesuai dengan kebutuhan organisasi dan para anggotanya. Kapasitas ini diperlukan agar praktisi perubahan mampu melakukan intervensi dan pengelolaan proses pengembangan organisasi.

Lulusan program studi ini akan bergelar Magister Psikologi Terapan, (M.Psi.T)